Selasa, 10 Juni 2014

Asal Usul Band Sejuta Copy

Haii, Sheilagank, kali ini saya akan membahas sedikit tentang asal usul lahirnya band kesayangan kita, Sheila On 7. Awal mulanya saat itu, Sakti dan Adam mempunyai sebuah band bernama 'W.H.Y. Gank' mereka berinisiatif mengajak Duta untuk ikut latihan band mereka untuk menjadi vokalis. Duta dipilih berdasarkan kisah Adam bahwa Adam dan Duta merupakan pengisi acara 17 Agustus an di sekitar komplek perumahan mereka, Duta menyanyi dengan Adam memainkan gitar akustik.
Saat itu, mereka hanya sebatas latihan di sebuah studio, meng-cover lagu dari beberapa band ternama, dan mengikuti audisi untuk dapat tampil pada sebuah acara.
Setahun setelahnya, 'W.H.Y. Gank' vakum beberapa waktu, lalu mereka berkenalan dengan Eross. Mereka berempat kemudian memutuskan untuk membuat sebuah band baru, dan akhirnya mereka dengan Anton, pemain drum yang diperkenalkan oleh Eross saat mereka berlatih band ini di sebuah studio. Kemudian setelah latihan tersebut selesai, mereka memutuskan untuk menamakan band mereka dengan sebuah nama, yaitu 'Sheilagank, dan mereka memutuskan tanggal 6 bulan Mei tahun 1996 sebagai hari lahir band ini.
'Sheilagank' berpetualang pada acara-acara kesenian dan festival band SMA di DIY dengan waktu kurang lebih 2 tahun, hingga saat pertengahan 1998 akhirnya mereka mendapatkan kesempatan memasuki dapur rekaman pertama mereka dengan  label Sony Music Entertaintment Indonesia. Lalu mereka mengubah nama band mereka menjadi Sheila On 7, dan akhirnya nama Sheilagank digunakan sebagai panggilan untuk pendengar karya band ini. Nama 'Sheila' sebenarnya diadopsi dari nama teman SMA sang gitaris, Eross yang memang teman SD Adam dan Duta. Dahulu, saat Adam berkenalan dengan Eross, Adam memanggil Eross dengan panggilan 'temannya sheila bukan?', dan saat itu Eross pun menjawab 'kamu juga temannya Sheila ya?', jadilah nama tersebut sering digunakan dalam obrolan mereka. Dan 'On 7' tersebut maknanya adalah 'pada 7 tangga nada yaitu do-re-mi-fa-sol-la-si'. Sehingga nama 'Sheila On 7' mempunyai arti teman-temannya "Sheila" yang memainkan 7 nada / memainkan musik.
Sheila On 7 sejak awal kiprahnya di kancah musik Indonesia telah menorehkan banyak sekali prestasi, diantaranya menjadi satu-satunya band Indonesia yang mampu menjual album fisik sebanyak lebih dari satu juta copy, tiga album berturut-turut. Mereka juga memiliki pendengar-pendengar setia di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei.
Dan personil Sheila On 7 saat ini yaitu, Brian (drum), Eross (guitar), Duta (vocal), dan Adam (bass).

0 komentar:

Posting Komentar